Artikel


 
 

Wasir


Last Update : 2016-02-01

Wasir

Wasir atau sering disebut dengan ambeien dan dalam dunia barat dikenal dengan sebutan hemorroid adalah ketika kita merasakan nyeri pada daerah anus. Tapi sebenarnya anus terjadi ketika Anda sedang buang air besar dan tiba-tiba keluarnya darah dari dalam anus. Lalu kenapa bisa keluar darah dari dalam anus ? Ini karena terjadinya luka di sekitar saluran anus. Terjadinya luka ini diakibatkan oleh gesekan antara feses dengan saluran anus. Biasanya terjadinya wasir ini diakibatkan oleh kerasnya feses karena si penderita kurang mengkonsumsi makanan yang mengandung serat. Wasir itu terbagi menjadi 2 golongan yaitu wasir internal dan wasir eksternal.



Wasir Internal 



Wasir internal atau ambeien dalam ini merupakan masuk ke dalam hemorroid stadium 1 dan 2. Sesuai dengan namanya, wasir ini terjadi didalam saluran anus. Gejala dari jenis wasir ini adalah di awali dengan rasa panas dan gatal-gatal yang terjadi di anus. Dan diteruskan dengan keluarnya darah dari dalam anus berupa darah segar berbarengan dengan keluarnya feses. Pada saat-saat seperti ini merupakan waktu yang tepat untuk dilakukan pengobatan sebelum tejadinya wasir yang lebih parah lagi. Adapun cara pengobatan untuk wasir internal ini yaitu dengan memperlunak feses dengan banyak mengkonsumsi makanan berserat dan banyak minum air putih. Peradangan yang terjadi di dalam saluran anus ini diakibatkan karena terjadinya infeksi pada luka yang terjadi. Maka dari itu diperlukannya obat untuk menyembuhkan radang yang terjadi di dalam saluran anus tersebut. 



Wasir Eksternal



Wasir eksternal (ambeien luar) sudah memasuki ke dalam stadium 3 dan 4. Bila gejala ambeien sudah menunjukkan benjolan yang keluar dari dalam anus, ini bisa dipastikan bahwa gejala tersebut merupakan gejala wasir eksternal. Untuk tahap stadium 3 benjolan yang keluar pada awalnya bisa masuk dengan sendirinya dan tahap berikutnya benjolan ini hanya bisa masuk apabila dengan bantuan jari tangan. Dan yang lebih parahnya lagi adalah bila wasir sudah memasuki stadium 4 dimana gejala dari ambeien ini yaitu bejolan sudah tidak masuk atau dengan kata lain benjolan tersebut keluar secara permanen. Untuk stadium 4 ini, pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan tindakan operasi. Ciri paling umum dari wasir eksternal ini adalah rasa nyeri yang ditimbulkan di area anus.



Penyebab Terjadinya Wasir



Gejala wasir yang timbul karena ada sesuatu yang menjadi penyebab timbulnya gejala tersebut. Penyebab dari munculnya wasir diantaranya yaitu :

kurangnya konsumsi makanan berserat

sedikit minum air putih

terlalu banyak duduk maupun berdiri

proses kehamilan

hubungan intim yang kurang sehat

mengejan terlalu keras pada saat buang air besar



Wasir Pada Ibu Hamil



Mengapa ibu hamil peluang untuk menderita terkena wasir lebih besar ? Karena pada masa kehamilan, akan terjadinya perubahan yang sangat drastis pada hormon yang membuat dinding di pembuluh vena hemorroid menjadi lemah sehingga resiko terjadinya luka di pembuluh vena tersebut sangatlah besar. Proses pertumbuhan janin pun menjadi salah satu faktor terlukanya pembuluh vena hemorroid. Semakin membersarnya janin, maka tekanan terhadap pembuluh vena hemorroid tersebut pun semakin besar. Tidak lah jarang terjadi kasus sembelit pada ibu hamil, sembelit ini pun menjadi penyebab terjadinya wasir. Pada saat sembelit, feses yang keras ini sangat susah untuk dikeluarkan sehingga si ibu hamil akan berusaha mengejan sekuat mungkin dan pada akhirnya terjadinya luka pada pembuluh hemorroid.



Peluang Terkena Wasir



Wasir bisa menyerang pada kalangan manapun baik itu bayi, anak-anak, orang tua, laki-laki ataupun perempuan. Akan tetapi yang lebih beresiko terkena wasir  adalah pada wanita dibandikan dengan laki-laki. Karena seringnya terjadi wasir pada saat kehamilan.



Pola Hidup Sehat untuk Mengatasi Wasir



Pola hidup yang sehat dapat membantu dalam mengatasi wasir. Adapun pola hidup sehat itu yaitu :

minum air putih 7 gelas sehari

banyak mengkonsumsi bauh dan sayuran

olah raga secara rutin

menjaga kebersihan anus



Wasir Mengganggu Keseharian



Bayangkan bila Anda bekerja didepan komputer dan harus duduk dalam jangka waktu lama dan Anda mengidap penyakit wasir. Itu merupakan hal yang amat sangat mengganggu. Anda bisa terganggu dalam pekerjaan dan dapat memunculkan perasaan minder. Maka dari itu, cegahlah wasir sebelum terlambat.



Gejala Wasir



Gejala merupakan suatu hal atau kejadian maupun bisa dibilang kondisi yang memberi sinyal atau informasi bahwa telah terjadi sesuatu, sama halnya dengan gejala wasir yang di derita oleh beberapa orang. Dengan adanya gejala tersebut, kita dapat mengetahui bahwa kita menderita penyakit ambeien. Dengan begitu merupakan sebuah manfaat yang sangat bagi kita yang mengetahui gejala hemoroid dan melakukan pengobatan agar tidak berlanjut menjadi semakin parah. Adapun gejala awal dari penyakit wasir ini yaitu munculnya rasa panas di daerah saluran anus setelah buang air besar, rasa panas ini bisa kita ibaratkan seperti kulit yang terkena balsam. Timbulnya rasa panas ini diakibatkan oleh robek atau terjadinya luka pada pembuluh darah balik vena hemoroid. Bila keadaan ini dibiarkan, akan menimbulkan infeksi pada luka yang terjadi pada jaringan hemoroid, infeksi inilah yang menjadi sebab terjadinya rasa gatal.



Pada stadium 2 penyakit hemoroid, gejala wasir yang tampak jelas adalah keluarnya darah dari dalam anus pada saat buang air besar. Ketika luka yang terjadi pada saluran anus dalam dibiarkan begitu saja, luka tersebut akan menjadi radang dan pada saat buang air besar, feses bergesekan dengan radang dan akan terjadinya pendarahan.



Pada ambeien eksternal, gejala yang terlihat berupa benjolan yang keluar dari dalam anus. Benjolan ini merupakan pembengkakan yang tejadi pada jaringan hemoroid. Pada tahap awal, benjolan dapat masuk kembali dengan sendirinya. Tapi bila wasir ekstenal ini tidak di atasi, benjolan tersebut akan keluar pada saat buang air besar dan bisa masuk kembali hanya dengan bantuan seperti jari tangan. Pada tahap akhit atau stadium 4, benjolan akan keluar secara permanen dan sudah tidak masuk dan menempati posisi semula. Disinilah diperlukannya tindakan operasi wasir untuk mengangkat benjolan tersebut.



Operasi Wasir



Dalam melakukan operasi untuk mengatasi wasir stadium 4, terdapat beberapa metode atau tehnik untuk pengangkatan jaringan hemoroid yang membengkak. Alat BEIM merupakan alat yang digunakan untuk pengangkatan jaringan hemoroid dengan sistem jepit dan pengeringa. Benjolan yang terjadi tersebut akan mengering dan copot akibat penjepitan pada alat BEIM. Kelebihan dari alat ini adalah pendarahan yang terjadi amatlah sedikit dan tidak memerlukan jahitan, karena luka yang terjadi akibat pengangkatan benjolan merupakan luka tertutup. Apabila Anda melakukan operasi hemoroid dengan BEIM ini hanya memerlukan waktu 15 menit, proses pemulihan sangat cepat, tanpa rawat inap dan pasien bisa langsung pulang serta dapat beraktivitas seperti biasanya. 



Lain halnya dengan alat pisau bedah, yang terdiri dari pinset, jarum bertangkai, paku bedah bertangkai, gunting bedah, daun pisau bedah dan tangkai pisau bedah. Operasi ambeien dengan menggunakan alat ini membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan alat BEIM dan pasien mengalami rasa sakit selama 7 minggu ketika buang air besar pasca operasi. Serta timbulnya rasa tidak nyaman pada saat buang air besar yang diakibatkan oleh pengkerutan yang terjadi pada saluran anus. Sebelum melakukan operasi, sebaiknya konsultasikanlah terlebih dahulu kepada dokter.



Obat Wasir



Pemberian obat-obatan untuk mengatasi ambeien hanya bisa dilakukan pada hemoroid yang tingkatannya dari stadium 1 sampai 3. Pada umumnya obat wasir mengandung zat untuk mengatasi peradangan, mempercepat kesembuhan luka, dan menyembuhkan infeksi yang terjadi pada saluran anus dalam maupun luar. Obat ambeien apotik seperti ardium HD, faktu, anti hemoroid dan lain sebagainya. Adapun obat wasir alami seperti kulit buah manggis, lidah buaya, daun jambu biji dan lain sebagainya. Untuk obat herbal ini dapat dikonsumsi secara rutin dalam jangka waktu yang lama untuk pencegahan.



Penyakit wasir memang tidak menimbulkan kematian, akan tetapi dapat menurunkan produktifitas sehari-hari terutama di tempat kerja. Bila Anda ingin hidup dengan produktif dan terbebas dari wasir, Rumah Wasir adalah jawaban yang tepat bagi Anda.



Makanan Yang Menyebabkan Wasir



Makanan pedas dapat menjadi penyebab terjadinya ambeien atau hemoroid, karena zat pedas ini dapat menimbulkan peradangan pada pembuluh darah balik hemoroid. Selain makanan pedas, terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga dapat menyebabkan feses menjadi keras, sehingga jaringan hemoroid dapat berpeluang terjadinya luka. Adapun konsumsi yang perlu dihindari yakni minuman beralkohol, tape, makanan cepat saji dan lain sebagainya.



Mengapa makanan pedas dapat menyebabkan wasir ? Ini karena zat pedas dapat memicu terjadinya peradangan pada luka di pembuluh darah balik vena hemoroid. Maka dari itu apabila Anda ingin terhindar dari wasir, hindarilah makanan yang mengandung zat pedas. Adapun kopi, minuman beralkohol dan makanan yang tidak mengandung serat dapat memicu terjadinya sembelit. Gangguan sembelit merupakan salah satu dari sekian macam penyebab wasir. Untuk pengobatan maupun pencegahan, sangat disarankan sekali untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayuran.



Solusi Pengobatan Ambeien Tanpa Operasi



Solusi pengobatan ambeien tanpa operasi adalah dengan pencegahan. Pencegahan penyakit ambeien atau wasir bisa dilakukan dengan Buang Air Besar(BAB) yang lancar dan teratur. Misalnya setiap pagi hari BAB dengan feses yang lunak. Maka dari itu perlu di perhatikan tiga solusi penting yang hendak dipaparkan. Solusinya yaitu diet yang kaya serat, gerak badan secukupnya dan  jangan mengedan terlalu kencang bila BAB.



1. Jangan Mengedan Terlalu Keras, Solusi Pengobatan Ambeien Tanpa Operasi



Tindakan yang sangat penting adalah jangan sekali-kali mengedan terlalu keras saat BAB. Sebab tiap kali wasir atau ambeien menonjol keluar saat buang air besar harus segera dimasukkan kembali ke dalam liang dubur dengan jari tangan. Sebaiknya akan lebih aman jika diberi sedikit vaselin. Bila tidak, sebagian dinding poros usus dapat tertarik keluar yang disebut dengan pemburutan selaput lendir poros usus.



2. Diet, Solusi Pengobatan Ambeien Tanpa Operasi



Diet yang dilakukan harus mengandung banyak serat gizi sayur, buah-buahan dan minum air secukupnya (2 – 2,5 liter sehari). Bila perlu dapat digunakan suatu laksan, sebaiknya zat pelunak laktulosa. Di samping itu sebaiknya pantang menyantap makanan yang pedas, misalnya merica, cabai (sambal) dan juga alkohol. Petunjuk diet ini adalah untuk menghindarkan feses menjadi keras yang dapat menimbulkan retak-retak pada mukosa yang sangat nyeri ketika buang air. Oleh karena penderita menekan refeleks hajat dan menunda pergi ke toilet, akibatnya feses akan lebih mengeras karena cairan diserap kembali oleh selaput lendir usus.



3. Banyak Gerak Badan, Solusi Pengobatan Ambeien Tanpa Operasi



Bersepeda atau berjalan cepat dapat memacu peristaltik usus dan membantu membuang air besar. Bila tindakan tersebut dijalankan dengan seksama, biasanya ambeien dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Dengan mencoba menjalani dan melakukan beberapa tips diatas, wasir atau ambeien tidak perlu sampai dioperasi.



Solusi pengobatan ambeien tanpa operasi bisa sendiri dirumah. Berikut ini tiga cara penting agar Anda bisa mengobati ambeien di rumah:




  1. Gunakan obat untuk menghilangkan rasa sakit dan obat antiperadangan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang terjadi. Anda bisa minum obat tablet oral, krim oles atau supositoria anus. Salah satu bahan alami untuk membantu mengatasi ambeien adalah dengan menggunakan gel lidah buaya pada area anus Anda. Hal itu bisa membantu untuk mengurangi terjadinya peradangan. Cara mengobati wasir dengan alami adalah dengan membersihkan area dubur setelah buang air besar dengan baik dan benar.

  2. Kurangi rasa nyeri dengan berendam di air hangat. Cara mengobati ambeien dengan alami adalah dengan berendam di dalam air hangat dilakukan 3-4 kali dalam sehari selama kurang lebihnya adalah 10-15 menit.

  3. Cara mencegah ambeien dengan mengurangi sembelit, karena salah satu penyebab terjadinya ambeien adalah sembelit. Maka sebaiknya cara yang dilakukan adalah mencegah sembelit dengan konsumsi makanan yang mengandung serat tinggi.



Itulah ketiga solusi pengobatan ambeien tanpa operasi. Namun, bila ambeien yang dialami sudah cukup parah, maka perlu tindakan dokter spesialis bedah. Sebab kondisi ambeien yang sudah, sangat mungkin untuk dilakukan operasi. Namun terlebih dahulu dianjurkan untuk melakukan konsultasi ke Rumah Wasir. Hal itu dimaksudkan agar Anda diberi pemahaman yang lebih baik terkait penyakit wasir.



 



Mengusir Wasir Tanpa Khawatir





Anda sedang sibuk mencari-cari cara bagaimana mengusir wasir tanpa khawatir. Mencari tahu lewat teman, saudara atau menelusuri melalui dunia maya. Segala daya dan upaya Anda kerahkan demi menemukan cara terbaik menuntaskan persoalan wasir yang tengah dialami. Informasi yang diperoleh pun begitu banyak, sehingga Anda mendapati kebingungan. Sebab Anda berjumpa dengan begitu banyak saran dari teman, saudara juga internet. Mulai dari cara murah hingga cara mahal dan dari ramuan tradisional hingga obat apotek. Begitu banyaknya informasi yang terjaring membuat Anda bingung menentukan satu cara yang terbaik dan terampuh.



Memahami apa yang sedang dihadapi, maka tulisan ini secara khusus hadir untuk Anda. Dengan begitu Anda bisa menentukan secara matang cara mengusir wasir tanpa khawatir. Karena pada dasarnya mengobati wasir itu tidak perlu menggunakan cara yang sulit apalagi menyita waktu(lama). Untuk mengetahui cara ajaib itu sebaiknya tak perlu buang-buang waktu lagi. Mari lanjutkan membaca.



A. Definisi/Pengertian Wasir



Untuk mengetahui cara usir wasir, Anda harus terlebih dahulu mengenal apa itu wasir atau ambeien. Maka dari itu tidak ada salahnya bila sejenak mengingat kembali pengertian wasir. Wasir atau biasa disebut ambeien atau hemorhoid adalah sebuah kondisi buruk yang terjadi pada area anus. penyakit atau gangguan pada anus dimana Sphinchter Ani atau bibir anus, mengalami pembengkakan yang terkadang disertai pendarahan. Secara umum, ambeien dibagi dua yaitu wasir dalam dan wasir luar.



Pada wasir dalam(ambeien internal) pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat Buang Air Besar(BAB).




  1. Jenis-jenis Wasir

  2. Wasir eksternal



Wasir jenis ini menyerang anus sehingga akan menyebabkan rasa perih, sakit, ataupun gatal pada saat BAB ataupun pada saat duduk. Ketika terdorong keluar oleh feses, wasir tersebut dapat menyebabkan thrombosis ataupun penggumpalan sehingga wasir tersebut menjadi berwarna biru bercampur warna ungu.



     Wasir internal



Wasir internal biasanya seperti pembengkakan yang terjadi di dalam rectum sehingga tidak dapat diraba maupun dilihat. Pembengkakan jenis ini memang tidak akan menimbulkan rasa sakit sebab hanya  sedikit syaraf yang berada di daerah rectum tersebut. Namun, ada tanda-tanda yang muncul jika seseorang terkena wasir internal ini, tandanya biasanya bisa kita ketahui pada saat BAB terjadi pendarahan. Tapi masalahnya tidak akan sederhana lagi atau lain cerita jika wasir internal tersebut akan membesar dan keluar ke bibir anus sehingga menyebabkan rasa sakit. Ambeien akan terlihat berwarna merah muda dan bila wasir tersebut sembuh akan masuk sendiri, tapi ada pula yang perlu didorong untuk memasukkannya. Ketika wasir tidak bisa dimasukkan lagi, maka Anda sudah mencapai tingkat keparahan ambeien stadium 4.



 



B. Cara Usir Wasir Tanpa Khawatir



Mengusir wasir jenis apapun bisa dilakukan tanpa rasa khawatir. Caranya cukup sederhana, yakni meminta saran dari dokter spesialis atau tim medis yang sudah berpengalaman. Saran dari dokter spesialis tentu lebih akurat dibandingkan yang lainnya. Di Rumah Wasir para penderita wasir bisa secara gratis melakukan konsultasi. Beberapa diantaranya melakukan pemeriksaan wasir dan itu pun tanpa dipungut biaya.



 



Selesai pada tahap tersebut, biasanya penderita wasir kian mantap untuk melakukan pengangkatan wasir. Dengan menggunakan teknologi medis modern wasir tuntas dalam 15 menit. Tanpa bekas luka jahitan dan minimalisir perdarahan. Serta biaya yang sangat terjangkau untuk semua kalangan. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi Customer Service Rumah Wasir di (021) 8242 0425.



Pengertian Dan Pencegahan Wasir





Pengertian Wasir



+Ambeien atau wasir yaitu kondisi dimana penurunan bantalan anus yang disebabkan oleh banyak faktor. Yang dimaksud dengan bantalan anus terdiri dari mukosa, jaringan otot polos anus, jaringan ikat longgar dan jaringan pembuluh darah. Secara medis wasir terbagi menjadi dua bagian, yaitu Wasir Internal(ambeien dalam), dan Wasir Eksternal(ambeien luar).



Gejala patologis wasir atau dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan Istilah Hemorrhoid bergantung pada jenisnya. Wasir internal atau ambeien dalam, biasanya timbul bersama pendarahan rektum tanpa rasa nyeri. Sedangkan wasir eksternal atau ambeien luar dapat menunjukkan beberapa gejala. Bahkan jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus. Banyak orang secara keliru menganggap semua gejala yang muncul di sekitar area anus dan rektum dinyatakan sebagai wasir. Padahal penyebab wasir yang sebenarnya belum diketahui secara pasti.



Wasir Internal atau Ambeien Dalam



Wasir Internal atau Ambeien Dalam biasanya timbul tanpa nyeri, pendarahan pada rektum berwarna merah terang selama atau setelah Buang Air Besar(BAB). Darah biasanya menutupi feses, kondisi yang dikenal sebagai hematakozia. Mulai disadari saat terdapat bercak merah pada kertas toilet atau menetes ke dalam kloset. Sedangkan pada feses tetap berwarna normal. Gejala lain di antaranya dapat berupa keluarnya lendir, gatal pada anus dan inkontinensia fases. Wasir internal biasanya hanya terasa sakit jika terjadi trombosis atau nekrosis. Wasir jenis ini biasanya timbul di atas garis dentata yang tertutup oleh epital kolimnar yang tidak mempunyai reseptor nyeri.



Wasir Eksternal



Berbeda dengan Wasir Internal, Wasir Eksternal atau ambeien luar biasanya akan terasa sangat menyakitkan jika terkena trombosis. Namun demikian, rasa nyeri tersebut akan hilang dalam waktu sekitar 2 hingga 3 hari. Sedangkan pembengkakannya memerlukan beberapa minggu untuk hilang. Akan tetapi hal ini dapat menimbulkan suatu akrokordon setelah sembuh. Jika wasir besar dan menimbulkan masalah higiene, kondisi seperti itu dapat menimbulkan iritasi pada kulit di sekelilingnya dan gatal di sekitar anus.



Gejala Penyakit Wasir



Tanda-tanda wasir umumnya tidak dapat dideteksi dini karena masih belum menimbulkan gejala. Namun tidak ada salahnya memperhatikan tanda-tanda berikut guna mendapatkan perawatan lebih baik dan lebih dini.



1. Rasa Panas di Anus



Rasa panas di anus  yaitu rasa panas yang terjadi akibat duduk terlalu lama. Rasa panas terdapat di anus akibat penekanan pada vena yang sudah mulai membesar.



2. Keluar Darah



Yang dimaksud Keluar darah yaitu Adanya darah segar di dalam toilet atau pada tinja sehabis BAB. Pembesaran pembuluh darah diakibatkan oleh aktivitas mengejan saat BAB. Lantaran pembuluh vena itu tipis dan mudah pecah maka bisa saja terjadi pendarahan saat BAB.



3. Rasa Sakit



Rasa sakit yang dimaksud adalah rasa sakit terjadi pada anus terutama usai melakukan BAB. Sakit kemungkinan diakibatkan dari pembuluh darah yang pecah terutama karena ada penekanan dari feses.



4. Rasa Gatal Pada Anus



Timbul rasa gatal di anus yaitu Rasa gatal dipicu oleh infeksi dari luka pada pembuluh darah yang pecah. Lantaran anus merupakan tempat bermuaranya feses, maka kemungkinan infeksinya juga tinggi.



5. Timbul Tonjolan



Pembesaran pembuluh darah dapat berbentuk tonjolan yang keluar dari anus. Jika sudah mulai ada tonjolan artinya wasir sudah memasuki tahap selanjutnya. Apabila tonjolan masih dapat dimasukan secara spontan ke dalam anus, maka artinya wasir belum terlalu parah namun sudah harus mendapatkan penanganan.



Penyebab Wasir



Penyebab sesungguhnya dari wasir yang bergejala tidak diketahui dengan jelas. Sejumlah faktor dipercaya turut berperan termasuk kebiasaan BAB yang tidak teratur, kurang olahraga, faktor nutrisi (diet rendah serat), adanya massa intra-abdomen, atau kehamilan, genetik dan usia lanjut. Faktor lain yang diduga meningkatkan risikonya termasuk obesitas, duduk dalam jangka waktu lama dan gangguan fungsi dasar panggul. Namun demikian, sangat sedikit bukti mengenai keterkaitan ini.



Pencegahan



Disarankan sejumlah langkah pencegahan termasuk menghindari mengejan saat BAB, menghindari konstipasi dan diare dengan mengonsumsi makanan serat tinggi dan meminum banyak cairan atau meminum suplemen serat serta cukup berolahraga. Disarankan agar mengurangi durasi yang digunakan untuk BAB. Kemudian hindarilah kebiasaan membaca saat di toilet. Lalu cobalah untuk menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan dan hindari mengangkat beban terlalu berat sendirian.



Sembelit Salah Satu Penyebab Penyakit Wasir



Sembelit atau Konstipasi merupakan kelainan pada sistem pencernaan  seseorang yang mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang, dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Sembelit yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Sedangkan obstipasi yang cukup parah bisa memicu terjadinya kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.



Gejala dan Tanda Sembelit



Gejala dan tanda sembelit bisa berbeda antara seseorang dengan seseorang yang lain. Itu dikarenakan pola makan, hormon, gaya hidup dan bentuk usus besar setiap orang berbeda-beda. Akan tetapi biasanya gejala dan tanda yang umum ditemukan pada sebagian besar atau beberapa penderitanya adalah sebagai berikut:




  1. Perut terasa begah seolah penuh dan bahkan terasa kaku karena tumpukan tinja.

  2. Tinja menjadi lebih keras, panas, berwarna lebih gelap, jumlahnya lebih sedikit daripada biasanya. Bahkan dapat berbentuk bulat-bulat kecil bila sudah parah.

  3. Pada saat Buang Air Besar(BAB), tinja sulit dikeluarkan, terkadang harus mengejan ataupun menekan-nekan perut terlebih dahulu supaya dapat mengeluarkan tinja (bahkan hingga mengalami wasir).

  4. Terdengar bunyi-bunyian dalam perut.

  5. Bagian anus terasa penuh dan seperti terganjal sesuatu disertai sakit akibat bergesekan dengan tinja yang panas dan keras.

  6. Frekuensi buang angin meningkat disertai bau yang lebih busuk daripada biasanya. Bahkan terkadang penderita akan kesulitan atau sama sekali tidak bisa buang angin.

  7. Menurunnya frekuensi BAB, dan meningkatnya waktu transit BAB.

  8. Terkadang mengalami mual bahkan muntah jika sudah parah.

  9. Sakit punggung bila tinja yang tertumpuk cukup banyak.

  10. Bau mulut.



Sedangkan untuk gejala psikologis yang dapat dialami oleh para penderita sembelit antara lain:




  1. Kurang percaya diri

  2. Lebih suka menyendiri atau menjauhkan diri dari orang sekitar.

  3. Kerap merasa lapar namun saat makan akan lebih cepat kenyang karena ruang dalam perut berkurang.

  4. Emosi meningkat dengan cepat.

  5. Sering berdebar-debar sehingga cepat emosi yang mengakibatkan stres sehingga rentan sakit kepala atau bahkan demam.

  6. Tubuh tidak fit, tidak nyaman, lesu, cepat lelah, dan terasa berat sehingga malas mengerjakan sesuatu bahkan kadang-kadang sering mengantuk.

  7. Kurang bersemangat dalam menjalani aktivitas.

  8. Aktivitas sehari-hari terganggu karena menjadi tubuh terasa terbebani yang mengakibatkan kualitas dan produktivitas kerja menurun.

  9. Nafsu makan dapat menurun.



Pengobatan Sembelit



Pengobatan dan peredaan sembelit secara alami dapat dilakukan dengan pengubahan pola makan menjadi lebih sehat, rajin berolahraga, memijat perut dan punggung, minum air putih sebanyaknya, meminum minuman prebiotik dan probiotik, atau membiasakan diri untuk buang air besar setiap hari dengan membuat jadwal buang air besar yang disebut bowel training. Terapi tertawa juga dapat dilakukan, karena dengan tertawa otot perut secara refleks bergerak sehingga perut terpijat sehingga merangsang gerakan peristaltik usus dan melancarkan buang air besar.



Sembelit dapat juga diredakan atau diatasi dengan merendam kaki ke dalam air dingin. Kaki direndam sampai terasa cukup dingin. Terapi ini juga dapat mengatasi kaki pegal, pendarahan hidung, dan insomnia.



Sedangkan dengan cara sedikit dipaksa yang biasanya untuk penderita obstipasi, yaitu dengan mengonsumsi obat pencahar disebut laksatif (yang kadang-kadang menyebabkan perut terasa melilit berlebihan, tinja berbentuk cair, atau bahkan ketergantungan obat pencahar), penghisapan tinja atau feses dengan alat khusus, terapi serat, dan pembedahan.



Tekanan di dalam saluran pencernaan penderita sembelit terlalu rendah untuk mendorong keluar tinja dari dalam usus. Agar tekanannya menjadi tinggi, bagian atas usus perlu dibuat agar bertekanan lebih tinggi daripada bagian bawahnya, yakni dengan menempelkan air es di perut dan air hangat di pantat. Hal ini biasanya diterapkan untuk sembelit yang datang secara tiba-tiba. Agar penderita sembelit dapat cepat sembuh, maka penderita dilarang :




  1. Menahan buang air besar.

  2. Mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas.

  3. Makan dalam porsi yang banyak.

  4. Meminum minuman yang berkafein dan minuman ringan.

  5. Mengkonsumsi makanan atau minuman dingin.



Wasir Dapat Disembuhkan



Seberapa parahnya penyakit wasir, dapat disembuhkan apabila kita mempunyai keinginan yang kuat untuk menyembuhkannya. Kebanyakan penderita ambeien yang sudah melakukan pengobatan dengan berbagai macam cara dan dalam waktu yang lama, menyerah begitu saja ketika kesembuhan tak kunjung datang. Timbullah rasa putus asa dan mindset bahwa wasir merupakan penyakit yang tak dapat disembuhkan.



Penyebab Wasir Tak Kunjung Datang



Adapun penyebab penyakit wasir yang tak kunjung sembuh dikarenakan si penderita yang menjalani pengobatan namun masih saja melakukan hal yang dapat menyebabkan atau memperparah penyakit ambeien. Meskipun setiap hari minum obat tapi masih saja banyak mengkonsumsi makanan siap saji yang kurang berserat.



Cara Alternatif Menyembuhkan Wasir Internal



Ketika terkena penyakit wasir Anda pasti merasa sangat menderita. Namun jangan terburu-buru cemas dan khawatir. Sebab ada cara alternatif menyembuhkan wasir internal. Salah satunya memanfaatkan bahan-bahan alami seperti tanaman maupun buahnya. Berikut ini adalah 4 cara menyembuhkan wasir internal atau wasir dalam.



Akar kangkung



Sebagian besar masyarakat mengenal kangkung untuk memanfaatkan daunnya sebagai makanan sayur. Namun ternyata akar kangkung  juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati wasir.



Akar kangkung merupakan salah satu tanaman alternatif yang bisa menyembuhkan wasir internal di kalangan orang pada zaman dahulu. Anda juga bisa memanfaatkan sayur kangkungnya untuk menyembuhkan wasir. Cara membuatnya cukup sederhana, Anda cukup menyajikannya dalam olahan tumisan yang menggugah selera.



Bawang Putih



Anda mungkin tidak menyadari jika bawang putih mampu menyembuhkan wasir internal. Seperti yang diketahui, bawang putih merupakan tanaman umbi-umbian yang mengandung senyawa sulfur. Selain itu, bawang putih mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan antibiotik yang terkandung pada bawang putih bisa memperkuat pembuluh darah dan menghancurkan kuman di daerah dubur. Karena kandungan tersebut bawang putih bisa digunakan sebagai alternatif menyembuhkan penyakit wasir internal atau ambeien parah.



Caranya cukup sederhana, gunakan bawang putih sebagai bumbu masakan yang sedang Anda buat. Karena hal tersebut diyakini bisa mengurangi resiko wasir seperti rasa sakit, gatal dan iritasi. Cara kedua adalah dengan mengoleskan bawah putih pada bagian yang terkena wasir internal.



Daun pepaya



Daun pepaya sudah lama dipercaya dapat mengobati penyakit wasir baik wasir internal maupun wasir eksternal. Sayangnya, rasa daun pepaya yang sangat pahit membuat banyak orang enggan memasak dan mengkonsumsinya. Maka dari itu Anda bisa memanfaatkan lembaran daun jambu biji atau daun jambu mete untuk menghilangkan rasa pahitnya. Bisa juga dengan terlebih dahulu mencuci daun pepaya serta meremasnya menggunakan garam.



Tape



Tape merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari singkong. Makanan tape singkong ternyata bisa membantu menyembuhkan wasir internal atau wasir dalam. Cara alternatif menyembuhkan wasir dengan menggunakan tape singkong sangat mudah. Anda hanya perlu mengonsumsi tape singkong yang benar-benar masak atau sangat lembek. Sebaiknya tape dikonsumsi secara rutin 3 kali sehari. Lakukan kebiasaan ini meski gejala wasir perlahan menghilang.



Pisang Ambon



Cara alternatif menyembuhkan wasir internal yang ke lima adalah dengan memanfaatkan pisang. Cara mengobati wasir internal dengan pisang adalah dengan mencampur pisang dengan susu murni, lalu blender. Minum ramuan tersebut 3 kali sehari selama seminggu untuk memperhalus feses dan mengurangi pembengkakan akibat wasir internal.



Demikianlah ulasan singkat mengenai cara alternatif menyembuhkan wasir internal. Semoga artikel ringkas ini dapat memberi manfaat dan menginspirasi Anda. Untuk informasi lebih lengkap terkait wasir, Anda bisa mengunjungi website Rumah Wasir.



Mengatasi Resiko Wasir Tanpa Khawatir



Kini mengatasi resiko wasir tanpa khawatir tidak sesulit ketika BEIM belum tercipta. Mengapa demikian? Karena apa yang disebut BEIM adalah sebuah teknologi medis modern yang telah lama populer di Cina. Sejak 13 tahun yang lalu dokter-dokter di Cina menggunakan teknologi tersebut untuk mengangkat wasir pada para penderita wasir.



Sebelum membahas mengenai cara mengatasi resiko wasir sebaiknya kita terlebih dahulu membahas wasir atau hemorhoid beserta penyebabnya. Dengan begitu Anda bisa memahami mengapa wasir dapat terjadi pada tubuh seseorang.



Pengertian Wasir



Wasir atau ambeien merupakan sebuah gejala yang disebabkan melebarnya pembuluh darah (vena) di daerah dubur. Sebagian mengatakan wasir adalah penyakit yang mengenai rektum dan anus yang disebabkan rusaknya pembuluh darah di sekitar rektum dan anus.



Resiko wasir bisa menimpa semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Kebanyakan orang menganggap penyakit tersebut merupakan suatu penyakit abnormal. Padahal hampir setiap orang memiliki hemorhoid. Hemoroid akan dianggap sebagai suatu penyakit apabila meradang atau membengkak. Jika peradangan pada anus terus dibiarkan tentunya akan sangat menyiksa bagi si penderitanya.



Gejala Wasir



Gejala wasir yang lumrah dialami oleh para penderitanya adalah sebagai berikut:




  1. Terjadi pendarahan berwarna merah terang saat Buang Air Besar(BAB)

  2. Mengalami gatal-gatal, perih, nyeri dan terkadang sakit pada anus

  3. Terdapat benjolan yang keluar dari anus namun masih dapat dimasukan kembali



Ketiga hal di atas merupakan gejala yang paling sering dan biasa dialami oleh para penderita wasir. Hanya saja, jika benjolan terjadi di dalam anus maka hal itu menandakan wasir internal(wasir dalam). Jika benjolan terjadi di luar dekat lubang anus maka hal itu menandakan wasir eksternal(wasir luar).



Penyebab Wasir



Wasir tidak menimpa seseorang dengan begitu saja. Sudah barang tentu ada penyebabnya. Penyebabnya cukup beragam meski penyebab wasir yang sebenarnya belum diketahui secara pasti. Meski begitu beberapa faktor diyakini sebagai penyebab terjadinya penyakit wasir atau ambeien. Penyebab-penyebab terjadinya wasir diantaranya sebagai berikut:




  1. Terlalu sering mengejan terlalu kuat

  2. Seringkali menahan BAB

  3. Memiliki kebiasaan duduk terlalu lama

  4. Faktor keturunan

  5. Diare dalam waktu lama

  6. Sangat kurang dalam mengkonsumsi makanan berserat

  7. Konstipasi

  8. Kehamilan

  9. Mengangkat beban terlalu berat

  10. Melakukan seks dengan cara tak wajar(melalui belakang)



Dari kesepuluh hal tersebut memungkinkan seseorang terkena wasir internal atau wasir eksternal. Apabila dipikirkan dengan jernih, hal-hal di atas erat kaitannya dengan pola hidup. Jika ingin terhindar dari wasir maka wajib mengakali kesepuluh hal tersebut. Dengan kata lain mulai menerapkan pola hidup sehat dengan benar.



Mengatasi Resiko Wasir Dengan BEIM



Jika dengan menjalani pola hidup sehat Anda bisa terhindar dari bahaya wasir, lantas bagaimana nasib orang yang terlanjur menderita wasir? Para penderita wasir tak perlu merasa cemas. Karena mengatasi resiko wasir tanpa khawatir sangat mungkin dilakukan oleh siapapun.



Kini telah hadir ditengah-tengah kita semua, Klinik Rumah Wasir. Yakni klinik yang secara khusus menangani permasalahan wasir atau ambeien. Rumah Wasir adalah pusat pengobatan wasir modern yang sudah sangat terkenal manjur mengobati wasir. Pengobatan wasir di Rumah Wasir menerapkan metode pengobatan modern. Sehingga Anda tak perlu heran jika wasir sangat mudah dituntaskan hanya dalam waktu 15 menit.



Teknologi modern yang digunakan di Rumah Wasir bernama Biological Electrical Impedance autoMeasurement(BEIM). Berkat kecanggihan alat tersebut wasir dapat diobati tanpa luka jahitan, tanpa rawat inap dan minimalisir perdarahan. Selain itu lebih irit biaya dan pelayanan yang diberikan sangat memuaskan.



Demikianlah sekilas informasi mengenai resiko wasir. Semoga artikel ambeien dengan judul Mengatasi Resiko Wasir Tanpa Khawatir, bisa memberi manfaat dan menginspirasi Anda. Untuk informasi lebih lengkap terkait resiko wasir, Anda bisa menelusurinya melalui Website Rumah Wasir.



Kenapa Wasir tidak sembuh-sembuh



Muncul pertanyaan dalam benak Anda, kenapa wasir tidak sembuh-sembuh. Padahal Anda merasa telah melakukan beragam upaya untuk menyembuhkan wasir. Mulai dari mengkonsumsi obat wasir alami hingga obat wasir sesuai anjuran dokter. Bahkan Anda telah melakukan pengobatan wasir tradisional yang menyita banyak waktu dan menguras biaya.



Pengertian Wasir



Wasir merupakan kondisi patologis meradangnya Hemorhoid, struktur vaskular dalam saluran anus yang membantu kontrol Buang Air Besar(BAB). Dalam kondisi fisiologisnya, bagian tersebut bertindak sebagai bantalan yang tersusun atas saluran arterio vena dan jaringan ikat.



Gejala patologis wasir bergantung pada jenisnya. Wasir internal biasanya muncul bersama perdarahan rektum tanpa rasa nyeri. Sedangkan pada wasir eksternal, jika terkena trombosis akan ada nyeri signifikan dan pembengkakan di area anus.



Penyebab Wasir



Penyebab penyakit wasir yang bergejala belum diketahui secara jelas. Sejumlah faktor diyakini turut berperan menimbulkan wasir. Seperti termasuk beberapa penyebab berikut ini :




  1. Kebiasaan BAB yang tidak teratur (konstipasi atau diare)

  2. Kurang berolahraga

  3. Faktor nutrisi (diet rendah serat)

  4. Peningkatan tekanan intra-abdomen (kembung berkepanjangan, ascitis, adanya massa intra-abdomen, atau kehamilan)

  5. Genetik dan usia lanjut

  6. Obesitas

  7. Duduk dalam jangka waktu lama

  8. Mengejan terlalu kuat



Meski belum diketahui secara pasti, namun hal-hal di atas diyakini dapat menyebabkan terjadinya wasir. Maka dari itu, menjauhi faktor-faktor tersebut guna pencegahan terjadinya wasir lebih baik dari pada mengobati. Namun jika sudah terlanjur terserang wasir maka tak ada pilihan selain mengobatinya hingga sembuh.



Kenapa Wasir Tidak Sembuh-sembuh?



Banyak kemungkinan kenapa wasir tidak sembuh-sembuh. Bisa saja wasir yang Anda derita tidak mendapatkan proses pengobatan yang maksimal. Baik dari penggunaan obat wasir maupun penanganan medis yang tidak mumpuni. Bisa jadi, karena faktor pola hidup Anda yang selama ini salah.



Jika wasir tidak sembuh-sembuh bukan berarti mustahil dapat sembuh. Tentunya Anda harus menyikapinya dengan lebih bijak. Misalnya merubah metode pengobatan yang telah ketinggalan jaman dengan metode pengobatan modern. Serta mentaati segala bentuk anjuran dokter dan memulai pola hidup sehat.



Pengobatan Wasir



Apapun yang terjadi dengan wasir Anda, sebaiknya serahkan kepada ahlinya. Karena sebenarnya menuntaskan wasir bisa dilakukan dengan cepat dan aman. Untuk menuntaskan segala permasalahan wasir sebaiknya Anda memilih Klinik Rumah Wasir. Rumah Wasir merupakan pusat pengobatan wasir modern. Pengobatan wasir yang dilakukan berlangsung cepat. Karena mampu menuntaskan wasir hanya dalam 15 menit tanpa luka jahitan dan tanpa rawat inap.



Pengobatan wasir yang dilakukan oleh Rumah Wasir menggunakan teknologi modern. Teknologi tersebut bernama Biological Electrical Impedance autoMeasurement. Dengan menggunakan alat canggih itu, wasir dipastikan terangkat hingga ke akarnya. Dijamin wasir sembuh dan enggan kembali lagi.



Wasir Tidak Sembuh-sembuh Uang Kembali



Rumah Wasir memastikan dengan teknologi tersebut mampu mengangkat wasir dalam waktu cepat dan aman. Jika pengangkatan wasir telah berhasil itu artinya Anda telah sembuh dari penyakit wasir. Maka giliran Anda yang harus bijaksana menjaganya agar tidak muncul benjolan wasir yang baru.



Disarankan setelah sembuh Anda tidak melakukan hal-hal yang diyakini sebagai penyebab terjadinya wasir. Belajarlah untuk menerapkan pola hidup sehat sejak dini. Sering berolahraga dan tidak melakukan seks yang tidak lazim dapat menjauhkan Anda dari bahaya wasir. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir takut wasir tidak sembuh-sembuh.



Demikianlah informasi terkait penyakit wasir atau ambeien. Semoga tulisan berjudul Kenapa Wasir tidak sembuh-sembuh, bisa memberi manfaat dan menginspirasi Anda. Informasi terkait wasir selengkapnya dapat Anda lihat di Website Rumah Wasir.



Menyembuhkan Wasir Tanpa Obat Wasir



Sebagai pusat pengobatan Wasir modern, Rumah Wasir tentunya menerapkan metode pengobatan yang mutakhir. Sehingga wajar sekali jika masyarakat lebih memilih Rumah Wasir untuk mengatasi bahaya wasir. Di rumah Wasir, pengobatan menggunakan teknologi bernama Biological Electrical Impedance autoMeasurement(BEIM). Dengan begitu menyembuhkan wasir tanpa obat wasir bisa sangat mungkin untuk dilakukan.



Apa bisa menyembuhkan wasir tanpa obat wasir?



Seperti yang sudah dijelaskan di atas, BEIM dapat menyembuhkan wasir tanpa obat wasir. Alat manjur tersebut digadang-gadang sebagai salah satu cara alternatif dalam menghilangkan wasir dengan cepat. Proses pengangkatan wasir tidak berlangsung lama. Cukup dengan 15 menit wasir terangkat hingga ke akar. Jadi untuk menghilangkan wasir Anda tak memerlukan obat wasir lagi.



Telah banyak orang dengan latar belakang berbeda melakukan pengobatan di Rumah Wasir. Sungguh hasilnya sangat memuaskan. Dari data yang telah ada, belum ditemukan satupun pasien yang gagal sembuh. Benar-benar mengagumkan, kebanyakan pasien merasa puas dengan hasil pengobatan yang maksimal. Seperti Bapak Slamet Riyadi ST salah satunya. Menurut pengakuannya, umur penyakit wasir yang dideritanya mencapai 15 tahun. Namun setelah diberi tindakan medis kondisinya membaik dengan cepat.



“Saya menderita wasir kronis lebih dari 15 tahun. Setelah ada tindakan medis dari Rumah Wasir Alhamdulillah dalam waktu 30 menit sudah bisa pulang dan perawatan dirumah. Terimakasih dokter dan kru Rumah Wasir,” ungkap Bapak Slamet Riyadi.



Rumah Wasir selalu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi siapapun yang memiliki kendala dengan wasir atau ambeien. Karena itu sebagai pusat pengobatan wasir modern, Rumah Wasir merasa penting untuk membuka sebuah layanan konsultasi. Layanan konsultasi tersebut tentunya harus bisa memberi manfaat solusi bagi seluruh masyarakat penderita wasir. Dan yang terpenting lagi adalah, konsultasi wasir sifatnya gratis.



Jika Anda ingin tahu tentang Rumah Wasir dan Ingin berkonsultasi dengan dokter?Atau ingin informasi lebih banyak tentang penyakit wasir? Sebaiknya Anda langsung mengunjungi Rumah Wasir di Jalan Raya Jatiasih No.7 Jatiasih, Bekasi atau di cabang terdekat dari kota Anda. Bisa pula dengan menghubungi Customer Service Rumah Wasir di nomor (021) 8242 0425 atau (0851) 0348 0800. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi Website Rumah Wasir.



Demikianlah sekilas informasi mengenai wasir. Semoga artikel dengan judul Menyembuhkan Wasir Tanpa Obat Wasir, bisa memberi manfaat dan menginspirasi Anda.



Menyelesaikan Segala Keluhan Wasir



Klinik Rumah Wasir adalah klinik khusus yang menyelesaikan segala keluhan wasir. Mulai dari wasir internal atau wasir eksternal. Baik wasir ringan maupun wasir parah. Semua keluhan wasir dapat dituntaskan di Rumah Wasir dalam waktu singkat, aman, privasi dan tanpa rawat inap.



Rumah Wasir merupakan pusat pengobatan wasir modern yang berpusat di Jatiasih Kota Bekasi. Keberadaan Rumah Wasir sangat membantu masyarakat penderita wasir atau ambeien. Berkat adanya Rumah Wasir ditengah-tengah masyarakat, para penderita wasir dapat menyelesaikan segala keluhan wasir dengan mudah dan murah.



Sebagai tempat terbaik dalam menyelesaikan segala keluhan wasir, Rumah Wasir tentu berbeda dengan tempat pengobatan lainnya. Di klinik wasir modern ini beragam fasilitas pendukung proses pengobatan wasir secara cepat, aman dan nyaman tersedia dengan sebaik-baiknya. Hal-hal semacam itu dipersiapkan sebaik mungkin demi melayani pasien wasir dengan prinsip kemudahan, kenyamanan dan keamanan.



Dalam menyelesaikan segala keluhan wasir, penggunaan metode pengobatan yang berkualitas menjadi tolak ukurnya. Atas dasar itulah Rumah Wasir merasa wajib memberitakan sebuah metode pengobatan yang mutakhir dalam menuntaskan wasir. Teknologi tersebut bernama Biological Electrical Impedance autoMeasurement(BEIM). BEIM merupakan salah satu cara aleternatif melenyapkan benjolan wasir. Teknologi BEIM sudah sangat populer di Cina sejak 13 tahun silam. Karena keampuhannya, dokter-dokter di Cina menggunakan BEIM untuk mengangkat benjolan wasir para pasien wasir.



Dengan menggunakan BEIM, Insya Allah menyelesaikan segala keluhan wasir terasa lebih mudah. Proses yang berlangsung cukup singkat, tidak ribet dan tanpa antri terlalu lama. Cukup dalam waktu 15 menit, dijamin wasir terangkat sampai ke akar.



Tidak hanya cepat dalam mengobati wasir, tentunya masih banyak lagi keunggulan lain dari metode pengobatan modern Rumah Wasir. Keunggulan mengobati wasir dengan  BEIM di Rumah Wasir diantaranya adalah resiko perdarahan dan rasa nyeri lebih minimal. Kemudian kekambuhan dan efek samping hampir tidak ada atau sangat kecil. Hal tersebut terjadi karena permukaan luka akan langsung tertutup oleh jaringan yang dikeringkan oleh teknologi BEIM. Dengan begitu kuman tidak bisa masuk dan resiko infeksi 0%.



Untuk memuluskan dan melancarkan proses pengobatan dengan metode pengobatan modern, Rumah Wasir pun menyediakan beberapa hal penting. Yakni tenaga medis seperti dokter spesialis bedah dan perawat yang sudah sangat berpengalaman dalam menyelesaikan segala keluhan wasir. Lalu Rumah Wasir menyediakan ruang tindakan yang sangat nyaman dan privasi. Kemudian konsultasi terkait wasir berikut solusi kesembuhan dan periksa wasir gratis. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi Customer Service Rumah Wasir di (021) 82420425 atau (021) 8516881.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang