Artikel


 
 

Ambeien atau Wasir


Last Update : 2015-03-13

Ambeien atau Wasir

Ambeien atau wasir merupakan suatu penyakit berupa pembengkakan pada jaringan di daerah pembuluh vena hemorroid yang membentuk benjolan baik yang di dalam maupun di luar anus. Penyakit ini disebabkan oleh kurangnya mengkonsumsi makanan berserat yang terdapat pada buah dan sayuran sehingga feses menjadi keras. Penyakit ini sangat mengganggu di dalam aktivitas keseharian dan pada tahap yang parah dapat menimbulkan rasa sakit yang cukup menyakitkan. @Penyakit ambeien ini dapat mengurangi kepercayaan diri dan ada yang sampai bunuh diri yang bersumber dari salah satu situs kesehatan mengatakan bahwa "perwira polisi gantung diri karena stres derita ambeien". 



5 Tips Cara Mencegah Ambeien atau Wasir

Di sini kita akan membahas cara mencegah dari penyakit yang mengganggu kenyamanan yang terletak di daerah anus. Pencegahan ini diperlukan agar kita terhindar dari penyakit yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Ambeien atau wasir ini di sebabkan banyak hal diantaranya yaitu mengejan terlalu kuat pada saat buang air besar, penyakit sembelit yang berkepanjangan, obesitas, kurang mengkonsumsi makanan berserat, pola hidup yang kurang sehat, proses kehamilan, mengangkat beban terlalu berat, tidak menjaga kebersihan di daerah anus dan lain sebagainya. Anda tidak perlu takut akan mengidap penyakit ambeien ini, karena ada beberapa tips yang dapat mencegah dari penyakit tersebut yaitu : 



[1] Jagalah kebersihan di daerah anus agar terhindar terjadinya infeksi yang menyebabkan terjadinya peradangan. [2] Jangan mengejan terlalu kuat pada saat buang air besar karena ini akan menyebabkan dinding di pembuluh vena hemorroid menjadi robek. [3] Kurangnya mengkonsumsi makanan berserat menyebabkan terjadinya penyakit sembelit dan feses menjadi keras. Inilah yang menjadi penyebab terjadinya ambeien atau wasir, maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang dapat memperlunak feses dan memperlancar pencernaan seperti buah, sayur dan air putih. [4] Untuk penderiita obesitas, perlu sekali untuk melakukan program diet seperti olah raga yang teratus, menjaga asupan makanan. Yang perlu di perhatikan untuk mencegah ambeien ini yakni hindarilah terlalu banyak minum kopi dan minuman beralkohol. Karena 2 jenis minuman ini dapat mengakibatkan sembelit dan feses mengeras. [5] Hindarilah kegiatan yang menimbulkan terjadinya wasir seperti mengangkat beban terlalu berat, duduk atau berdiri terlalu lama, dan terlalu sering makan makanan pedas.



Penyebab Ambeien atau Wasir Pada Ibu Hamil

Karena pada ibu hamil memiliki resiko yang lebih besar untuk mengidap penyait ambeien ini, maka perlulah untuk di bahas penyebabnya agar dapat dilakukan pencegahan. Penyebab tersebut antara lainnya adalah



[1] Terjadinya perubahan hormon pada ibu hamil yaitu hormon progesteron menyebabkan dinding rahim menjadi lebih kuat akan tetapi sebaliknya yang terjadi pada gerak peristaltik menjadi lemah sehingga terjadinya gangguan pada sistem pencernaan. Terhambatnya sistem pencernaan pada ibu hamil merupakan salah satu pemicu terjadinya ambeien atau wasir. [2] Proses pertumbuhan janin pun dapat menjadi pemicu terjadinya ambeien dikarenakan seiring bertumbuhnya janin akan mengakibatkan terhambatnya pembuluh darah yang berada disekitar panggul dan perut. Terhambat pembuluh darah yang berada di sekitar panggul dan perut inilah yang menjadi pemicu terjadinya ambeien. [3] Seiring bertumbuhnya janin, maka berat janin pun akan semakin naik. Pertambahan berat janin inilah yang menyebabkan lambung dan rahim saling berhimpitan. Ketika buang air besar, maka terjadilah dorongan sehingga pembuluh vena menjadi pecah. Pecahnya pemuluh vena tersebut merupakan awal terjadinya wasir. [4] Pada ibu hamil kadar zat besi di dalam tubuh sangatlah tinggi, inilah yang menyebabkan sembelit pada ibu hamil. Gangguan sembelit ini juga merupakan salah satu penyebab terjadinya ambeien. [5] Setelah melahirkan pun ibu hamil berpeluang untuk mengidap penyakit wasir di karenakan proses kehamilan mengharuskan untuk mengejan dengan kuat.



Ambeien atau wasir merupakan penyakit yang dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Dan penyakit tersebut bisa disembuhkan dengan beberapa metode sesuai dengan seberapa parahkan tingkat penyakit ambeien tersebut. Dan kini telah hadir pengobatan wasir dalam waktu 15 menit tuntas menggunakan alat BEIM (Biological Electrical Impedance autoMeasurement) tanpa jahitan dan pasien bisa langsung pulang tanpa perlu rawat inap. Dan Anda bisa berkonsultasi mengenai masalah wasir yang Anda alami di Rumah Wasir.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang