Artikel


 
 

Gejala Wasir


Last Update : 2015-04-13

Gejala Wasir

Wasir dapat kita ketahui dengan melihat gejala yang timbul. Wasir sendiri dikelompokan menjadi 2 yaitu wasir dalam dan wasir luar. Dari kedua kelompok tersebut mempunyai gejala yang berbeda-beda. Dengan mengetahui gejala-gejala yang timbul dari penyakit ambeien, kita dapat mencegah dan mengatasi wasir.



Gejala wasir merupakan sinyal atau petanda bahwa terjadinya gangguan di daerah anus. Pada awalnya memang gejala tersebut sulit sekali untuk diketahui. Secara umum gejala tersebut baru diketahui ketika keluarnya darah dari dalam anus pada saat buang air besar dan pada saat munculnya rasa sakit ketika duduk dan setelah BAB. Penting sekali kita mengetahui dari gejala wasir agar tidak terjadinya ambeien ketingkat selanjutnya serta semakin parah.



Tanda-Tanda dari Gejala Wasir



Diawali setelah buang air besar timbulnya rasa panas yang disertai gatal-gatal. Ini terjadi karena feses yang keras menekan pembuluh darah balik vena di bagian anus yang tipis dan mudah sekali untuk robek atau pecah. Rasa  panas tersebut berasal dari pecahnya pembuluh hemorroid tersebut. Ada berbagai penyebab robeknya pembuluh darah balik dibagian anus tersebut seperti mengejan terlalu keras saat buang air besar, proses kehamilan, duduk terlalu lama, mengangkat beban terlalu berat, kegiatan anal seks, sembelit yang berkepanjangan dan lain sebagainya.



Karena anus merupakan tempat pembuangan terakhir dari sistem pencernaan dalam bentuk feses, sehingga terjadinya infeksi pada saluran anus sangatlah tinggi. Dapat kita ambil kesimpulan bahwa rasa gatal yang timbul merupakan akibat terjadinya infeksi pada luka di pembuluh darah balik hemorroid.



Pada tahap selanjutnya, gejala wasir ditandai dengan keluarnya darah segar bersamaan dengan keluarnya feses pada saat buang air besar. Pada gejala ini, umumnya si penderita baru menyadari bahwa ia mengalami wasir. Keluarnya darah dari dalam anus disebabkan pendarahan yang terjadi pada luka di pembuluh vena bagian anus. Apabila gejala ini tidak ditangani  dengan baik, dapat memperparah ambeien yang diderita.



Tidak cukup sampai disini, pada proses selanjutnya dari gejala wasir adalah timbulnya rasa sakit. Rasa sakit ini sangat mengganggu sekali produktifitas sehari-hari. Dengan adanya rasa sakit ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada saat buang air besar dan duduk dalam jangka waktu yang lama. Biasanya rasa sakit ini disertai dengan benjolan yang keluar dari dalam anus setelah buang air besar. Benjolan ini terjadi kerana terjadinya pelebaran pada "sphinchter ani (bibir anus). Pada tahap yang ringan benjolan ini dapat masuk dengan spontan tanpa bantuan apa pun. Akan tetapi pada tahap yang lebih parah, benjolan tersebut baru dapat masuk apabila dengan bantuan seperti jari tangan.



Pada tingkatan terakhir, gejala wasir ditandai dengan benjolan yang keluar secara permanen tidak dapat masuk pada posisi semula. Gejala ini dapat diatasi dengan melakukan operasi wasir untuk pengangkatan jaringan pembuluh darah balik yang melebar. Dengan melakukan tindakan operasi tersebut memang menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Akan tetapi kini telah hadir metode operasi ambeien menggunakan alat BEIM (Biological Electrical Impedance autoMeasurement) hanya dalam waktu 15 menit, wasir Anda akan hilang. Adapun kelebihan dari melakukan operasi menggunakan alat BEIM ini adalah tidak diperlukan jahitan, minimnya pendarahan, rasa sakit yang dapat diminimalisir dan pasien bisa langsung pulang setelah operasi tanpa perlu rawat inap. Anda bisa melakukan operasi menggunakan alat BEIM ini dengan aman, nyaman tanpa efek samping yang tidak diingankan di klinik wasir yaitu RUMAH WASIR.



Pada intinya gejala wasir yang timbul dikarenakan pola hidup yang kurang sehat seperti kurangnya mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Serat ini banyak sekali di kandung dalam buah dan sayuran. Kurangnya minum air putih pun dapat menjadi penyebab terjadinya penyakit ambeien tersebut. Minumlah air putih secukupnya yaitu minimal 7 gelas dalam sehari. Duduk terlalu lama bisa menjadi fakto munculnya gejala tersebut. Usahakan menyegerakan ketika ada keinginan untuk buang air besar dan jangan menunda-nunda. Dengan merubah gaya hidup Anda ke arah yang lebih sehat, maka Anda bisa mencegah dan mengatasi wasir yang mengganggu kehidupan Anda.



Gejala Wasir Internal dan Eksternal



Secara garis besari, penyakit ambeien atau hemoroid terbagi menjadi 2 jenis yaitu eksternal dan internal. Untuk yang internal atau lebih dikenal dengan penyakit wasir yang terletak di daerah dalam saluran anus mempunyai gejala wasir dengan diawali rasa panas dan gatal akibat terjadinya luka dan infeksi pada pembuluh darah balik vena hemoroid. Seiring berjalannya waktu, luka tersebut akan menjadi radang dan mengalami pendarahan. Dan tahap terakhir dari penyakit wasir internal ini adalah keluarnya benjolan dari dalam anus dan dapat masuk dengan sendirinya baik secara otomatis maupun dengan bantuan jari tangan. Bila sudah timbul benjolan yang keluar dari dalam anus, ini diakibatkan karena terjadinya pembengkakan pada jaringan hemoroid.



Apabila benjolan yang keluar dari dalam anus secara permanen dan sudah tidak dapat masuk kembali pada posisi semula, maka ini masuk ke dalam jenis wasir eksternal. Gejala yang paling umum dari jenis hemoroid ini adalah rasa sakit yang terjadi di daerah anus yang sangat menganggu aktifitas sehari-hari.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang