Artikel


 
 

Wasir Eksternal


Last Update : 2015-03-03

Wasir Eksternal

Wasir adalah salah 1 penyebab perdarahan pada dubur, tetapi diagnosis yang jelas dari dokter dapat memberikan informasi lebih rinci mengenai kondisi yang diderita. Apakah Anda tahu bahwa setiap orang memiliki wasir? Wasir pada dasarnya merupakan lapisan bantal seperti pembuluh darah yang terletak persis di bawah selaput lendir bagian terendah dari rektum dan anus. Wasir eksternal merupakan yang paling tidak nyaman karena " atasnya " kulit menjadi iritasi dan mengikis. Wasir internal terjadi pada rektum yang lebih rendah & wasir eksternal berkembang di bawah kulit di sekitar anus.



Wasir eksternal disebut juga dengan wasir luar adalah penyakit wasir dimana jaringan wasir berada atau muncul pada bagian luar anus. Wasir eksternal merupakan jenis penyakit wasir paling menyakitkan. Jika wasir eksternal menjadi thrombosed kondisi ini cukup parah, warna dari anus akan berubah menjadi ungu atau biru serta apabila cukup parah bahkan dapat menimbulkan perdarahan. Dalam beberapa minggu wasir eksternal ini akan kembali ke kondisi semula.



Apabila rasa sakit Anda derita tidak dapat tertahankan, dokter bedah dapat membuang wasir thrombosed maka akan menghentikan rasa sakit. Ada banyak orang memutuskan untuk menjalani pengobatan wasir dengan operasi di Rumah Sakit, kemudian menyesal telah menjalani pengobatan dengan operasi. Bahkan, sekitar 88%nya mengatakan kalau mereka berharap tidak akan menjalani pengobatan wasir dari operasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kini ada metode pengobatan wasir modern, yaitu dengan konsep BEIM. Keunggulan dari pengobatan wasir dengan BEIM ini adalah proses cepat, minim rasa sakit, minim perdarahan, tanpa jahitan, tanpa butuh rawat inap & biaya relatif murah.



Jika telah terbentuk gumpalan darah di dalam wasir eksternal, rasa sakit itu bisa menjadi sangat parah. Anda mungkin merasa / melihat benjolan di sekitar anus Anda. Gumpalan biasanya akan menghilang & meninggalkan kelebihan kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal atau timbulnya iritasi. Kebanyakan orang tidak mengerti bahwa wasir eksternal dapat dihindari dengan pilihan gaya hidup dan disiplin. Diet memiliki peran sangat penting dalam mencegah penyakit wasir. Orang-orang yang secara konsisten makan dengan diet tinggi serat cenderung untuk menjadi penderita wasir, tetapi mereka yang memiliki diet tinggi makanan olahan berada pada risiko yang lebih tinggi. Kemudian, diet rendah serat atau dengan asupan cairan yang tidak memadai dapat menyebabkan konstipasi, yang juga dapat menjadi penyebab wasir. Timbulnya wasir ini dapat dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu : Apabila Anda sering tegang atau mengejan di toilet & juga memperburuk masalah wasir dengan menghasilkan tinja yang keras yang lebih mengkontraksi vena yang akan membengkak akibat adanya tekanan pada anus .



Ada kemungkinan gejala penyakit wasir akan segera membaik dengan langkah-langkah sederhana yang dapat Anda lakukan di rumah sebagai berikut:




  1. Pembedahan adalah cara mengobati wasir yang paling baik untuk Anda jalani serta cukup ampuh untuk menuntaskan masalah wasir Anda. Di Rumah wasir ditawarkan pengobatan wasir yang sangat modern, yaitu BEIM. Cara mengatasi ambeien dengan BEIM ini sangat baik sehingga sangat direkomendasikan.

  2. Dapatkan lebih banyak serat : Tambahkan lebih banyak serat untuk diet Anda dari makanan. Tambahkan lebih banyak cairan untuk diet Anda. Serat melembutkan tinja & membuat mereka lebih mudah untuk lulus. Hal ini akan mengurangi tekanan ketika Anda melewati bangku.

  3. Makanan serat tinggi termasuk makanan gandum, buah segar, brokoli, kacang-kacangan, gandum & oatbran. Meningkatkan serat dapat menyebabkan perut mengalami kembung atau bergas. Mulai secara perlahan-lahan, dan secara bertahap meningkatkan asupan serat Anda. Juga, meningkatkan asupan cairan Anda. Beberapa bentuk serat yang lebih baik daripada yang lain. Tepung gandum merupakan jenis serat keras disarankan untuk menggunakan psyllium daripada tepung gandum.

  4. Latihan aerobik moderat, seperti memperbanyak jalan selama 30 menit sehari akan dapat membantu merangsang fungsi usus.

  5. Luangkan waktu dan rileks. Ketika Anda merasakan dorongan, pergi ke kamar mandi segera. Jangan menunggu waktu yang lebih nyaman. Tinja Anda dapat menjadi menumpuk, yang menyebabkan peningkatan tekanan & tegang pada perut.

  6. Cobalah dan jadwal waktu yang ditetapkan setiap hari, untuk duduk di toilet. Jika Anda dapat membangun kebiasaan usus yang teratur, Anda akan dapat menghindari penyakit wasir eksternal.

  7. Mandi sitz adalah mandi air hangat yang dapat meringankan gatal, iritasi, dan kejang otot sphincter (otot melingkar yang biasanya mempertahankan penyempitan). Beberapa bak sitz cocok di toilet duduk, atau Anda bisa duduk di bak mandi biasa dengan beberapa inci air hangat. Gunakan sitz bath 20 menit setelah setiap buang air besar, dua sampai tiga kali sehari. Lembut menepuk daerah anus sesudahnya, jangan menggosok serta mengusap dengan kasar .

  8. Bantuan topikal : Toko obat krim wasir eksternal sementara dapat meringankan rasa sakit agak. Krim supositoria mengandung hydrocortisone juga bisa efektif, tetapi tidak boleh digunakan untuk lebih dari satu minggu pada suatu waktu. Mereka dapat menyebabkan kulit atrofi (mengurangi massa otot).

  9. Tisu witch hazel adalah pengobatan wasir alami lebih dan menenangkan, tanpa efek berbahaya. Kompres es ditempatkan pada daerah anus selama beberapa menit juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

  10. Duduk di atas bantal daripada permukaan yang keras. Ini akan membantu mengurangi pembengkakan wasir yang ada dan membantu mencegah pembentukan wasir yang baru.



Jangan tunggu wasir Anda semakin parah dan Anda menderita cukup lama, semakin cepat Anda mengambil langkah tegas dalam mengobati wasir, maka semakin baik.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang