Artikel


 
 

Operasi Wasir


Last Update : 2015-04-12

Operasi Wasir

 



Perkembangan Operasi Wasir



Para penderita wasir atau biasa dikenal juga dengan ambeien mencari solusi atau alternatif pengobatan wasir tanpa harus melakukan operasi. Alasan utama menghindari operasiwasir adalah karena timbul berbagai keluhan pasca operasi wasir karena rasa sakit dan perawatan pasca operasi yang tidak mudah. Operasi untuk menyembuhkan wasir alias haemorrhoid kerap memakan waktu pemulihan. Kini ada alternatif terapi yang lebih cepat dan diklaim lebih manjur, yakni dengan memberikan sengatan listrik di sekitar anus (dubur).



Dengan melakukan operasi wasir, penyembuhan wasir rata-rata butuh waktu cukup lama, yaitu sekitar 4 sampai dengan 5 hari. Tidak jarang pasien terpaksa menginap di rumah sakit sehingga tidak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Tentunya hal ini sangat merepotkan terutama bagi Anda yang memiliki kesibukan dalam bekerja serta tidak ada waktu yang cukup untuk melakukan operasi. Disamping waktu pemulihan yang relatif lama, juga operasi wasir ini membutuhkan biaya cukup besar hingga belasan juta Rupiah.



Baru-baru ini di Amerika Serikat, teknologi serupa juga mulai di aplikasikan di beberapa rumah sakit dan pusat pengobatan, dimana hasil yang didapat memberikan angka kesembuhan hingga 85% tanpa ada timbul risiko kekambuhan dalam jangka pendek. Tidak heran bila para pakar kesehatan di Inggris mulai melirik penggunaannya untuk mengatasi penyakit ambeien ini dan cukup populer karena dapat melakukan pengobatan wasir tanpa operasi. "Operasi wasir memang tidak nyaman. Ada rasa nyeri dan Anda bisa menghabiskan waktu beberapa pekan untuk sembuh total," kata Mark Hudson-Peacock, seorang konsultan kesehatan di Inggris yang mulai memperkenalkan teknologi ini ke pasiennya, seperti dikutip dari Daily Mail.  Untuk tidak benjolan, sengatan listrik ini akan membuatnya menyusut hingga lenyap kurang lebih dalam 10-14 hari. Benjolan yang agak besar mungkin butuh 2-3 kali terapi sebelum mulai menampakkan hasilnya.



Di Inggris juga terdapat cara mengobati wasir dengan operasi diklaim bisa mengatasi wasir tanpa rasa sakit, dan tentunya lebih cepat karena tidak melalui operasi. Teknologi yang dinamakan Ultroid ini memberikan sengatan listrik dengan tegangan 6 volt, langsung ke lokasi wasir disekitar anus ( dubur). Terapi ini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk setiap benjolan wasir, dan diklaim tidak terasa sakit karena arusnya tidak terlalu besar. Sengatan listrik ini akan membuat satu demi persatu benjolan menyusut. Seorang pasien kadang mengalami 2-3 benjolan wasir sekaligus.



Terapi tidak semuanya dapat berjalan sukses dan memberikan hasil maksimal. Terapi diatas hanya dapat dilakukan apabila penyakit wasir yang diderita masih pada tingkat atau stadium rendah. Namun apabila penyakit ambeien yang diderita sudah cukup parah tidak dapat dilakukan terapi ini dengan maksimal. Apabila jenis penyakit wasir yang Anda derita adalah wasir eksernal (pada bagian luar) dubur, mungkin masih bisa sembuh. Tapi apabila jenis penyakit wasir yang Anda derita berada di dalam (wasir internal) maka tentunya sulit untuk dilakukan terapi dengan metode ini. Masalah tersebut bisa diatasi dengan ditemukannya cara pengobatan ambeien dengan konsep yang paling modern, tanpa jahit, tanpa rawat inap dan proses pengerjaan cepat yaitu metode BEIM.



Operasi Wasir Dengan BEIM



Pengobatan ambeien dengan BEIM menggunakan konsep elemen listrik yang dipanaskan, sehingga minim pendarahan dan selesai tindakan pengobatan pasien dapat langsung jalan dan pulang ke rumah. Resiko muncul kembali juga sangat kecil. Cara mengatasi ambeien dengan BEIM ini dapat anda peroleh di Rumah Wasir. Pengobatan wasir tanpa operasi ini diklaim paling baik dan minim rasa nyeri. Rumah Wasir merupakan klinik wasir modern siap memberikan cara mengobati ambeien yang terbaik untuk Anda.



Adapun kelebihan dari operasi wasir menggunakan alat BEIM yakni tidak diperlukannya tindakan jahitan yang dikarenakan luka yang terjadi akibat pemotongan dengan BEIM ini adalah luka tertutup dan minimnya pendarahan. Proses pemulihannya pun sangat cepat, sehingga pasien dapat langsung pulang setelah melakukan operasi wasir dan bisa beraktifitas seperti biasanya. Zaman yang semakin modern ini dan tingkat kesibukan yang semakin tinggi, metode operasi wasir dengan alat BEIM ini sangatlah diperlukan karena proses operasi yang dibutuhkan hanya 15 menit saja.

Sebelum adanya alat BEIM ini, ada beberapa metode operasi yang telah dilakukan seperti metode konvensional, laser, dan stapller. Diawali dengan metode konvensional ini yakni metode operasi wasir menggunakan alat pisau bedah yang mana dalam proses operasinya dibutuhkan tindakan jahitan sebagai cara untuk menghentikan pendarahan yang terjadi akibat pemotongan jaringan hemoroid yang membengkan dengan pisau bedah. Adapun kekurangan dari metode konvensional ini adalah rasa sakit yang ditimbulkan pasca operasi pada saat buang air besar selama kuranga lebih 7 minggu dan membutuhkan rawat inap karenan proses pemulihannya yang cukup lama. Inilah sebabnya kebanyakan orang sudah meninggalkan metode konvensional ini untuk melakukan tindakan operasi wasir. Sama halnya dengan laser dalam hal kekurangan, metode laser ini tidaklah jauh berbeda dengan metode konvensional yang telah dijelaskan di depan. Hanya alat dan pendarahan yang terjadi jauh lebih sedikit dibandingkan metode konvensional namun masih diperlukannya jahitan.



Berbeda dengan tehnik stapling, ala ini berbentuk seperti sebuah tembakan dimana alat ini bekerja memotong jaringan hemoroid dan pada saat yang bersamaan menjepit yang bertujuan untuk menghentikan pendarahan di sekitar jaringan hemoroid agar jaringan tersebut tidak terjadi kembali pembengkakan.



Operasi Wasir Pada Ibu Hamil



Ibu hamil memiliki resiko lebih besar untuk menderita wasir, ini dikarenakan pada proses kehamilan terjadi perubahan hormon estrogen secara drastis sehingga memperlambat proses pencernaan yang mana sering terjadi pada ibu hamil mengalami gangguan sembelit. Gangguan sembelit inilah yang menjadi penyebab terjadinya wasir atau hemoroid. Yang menjadi pertanyaannya adalah ketika proses kehamilan dilalui dengan penyakit wasir eksternal, apakah aman untuk dilakukannya operasi wasir pada ibu hamil ? Aman bila dilakukannya pada trimester ke 2, karena pada saat trimester pertama janin sedang mengalami pertumbuhan yang sangat vital, apabila operasi wasir dilakukan pada trimester ke 3, dikhawatirkan bayi akan lahir dengan cacat.






© copyright 2013 - 2017, Rumah Wasir. Hak Cipta Dilindungi Undang Undang